Cara Ampuh Riset Kata Kunci (Keyword) dengan Google Keyword Planner 2017


Dalam membangun sebuah blog, seorang internet marketer diharuskan melakukan riset kata kunci terlebih dahulu dengan tujuan untuk mengetahui potensi trafik  yang bisa kita dapatkan dari kata kunci tersebut. Menurut pakar SEO memilih kata kunci atau keyword yang tepat untuk blog merupakan hal yang sangat penting. Jika salah dalam memilih keyword maka berimbas pada traffic blog, jangan heran jika sudah lama membangun blog, tapi pengunjungnya masih diluar harapan alias tidak maksimal. Sebenarnya banyak tools untuk melakukan riset kata kunci, baik itu gratisan maupun berbayar, tapi kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara riset keyword atau kata kunci dengan menggunakan tools gratis yaitu Google Keyword Planner. 


Kenapa saya menggunakan Google keyword planner ? karena menurut pengamatan saya tools yang paling populer digunakan untuk melakukan riset kata kunci adalah Google Keyword Planner.

Berikut saya jelaskan langkah - langkag yang perlu sobat lakukan dalam melakukan riset kata kunci (keyword) dengan menggunakan Google Keyword Planner :

Langkah - Langkah Riset Kata Kunci (Keyword) dengan Menggunakan Google Keyword Planner


Langkah 1 - Mendaftar di Google Adwords

Google AdWords merupakan fasilitas dari google untuk beriklan yang paling popoler di internet.Untuk bisa menggunakan Google Keyword Planner, sobat harus mendaftar terlebih dahulu ke https://adwords.google.com/ dengan menggunakan akun Gmail. Berikut tampilan awal jika sobat baru pertama kali mendaftar di google keyword planner :

Pada tampilan diatas sobat akan diarahkan kehalaman kampanye ( campaigns), sampai tahap ini sobat sudah berhasil mendaftar.


Langkah 2- Cara Melakukan Riset Kata Kunci dengan Google Keyword Planner


  • Setelah melakukan pendaftaran, tools ini bisa langsung digunakan. Namun untuk menggunakan Google keyword planner sobat harus mengklik menu “Tools”, Selanjutnya akan muncul pilihan menu- menu lainnya. Pada bagian menu  “Tools”, silahkan pilih “Keyword Planner”, Lihat gambar di bawah ini :

  • Setelah sobat mengklik keyword planner sobat akan diarahkan kehalaman untuk melakukan riset keyword, ada banyak pilihan yang ditampilkan untuk mulai melakukan riset keyword. Silahkan pilih "Telusuri kata kunci baru menggunakan frasa, situs web, atau kategori", Perhatikan gambar dibawah ini :

  • Selanjutnya masukkan kata kunci yang akan anda gunakan misalnya "Belajar Photoshop" pada kolom yang tersedia, kemudian ubah bagian “Penargetan”. Jika sobat ingin menargetkan kata kunci untuk Indonesia, Submit Indonesia pada bagian “Lokasi”, dan masukkan Indonesia pada bagian “Bahasa”. Lalu klik “Dapatkan ide”, perhatikan gambar dibawah ini :



  • Setelah mengklik Dapatkan ide ( Get Ideas) maka kita akan melihat tampilan hasil seperti berikut :
  1. Nomor 1 : Keyword yang ingin kita cari
  2. Nomor 2 : Dari keyword yang kita ketikkan tadi disini kita bisa melihat beberapa data penting seperti : trend tiap keywords 12 bulan terakhir, tingkat kompetisi pengiklan, dan perkiraan nilai CPC untuk setiap keywords.
  3. Nomor 3 :  Keyword atau kata kunci yang relevan dengan kata kunci utama yang ingin kita cari yaitu " belajar photoshop".




Jika anda ingin mendowload semua ide kata kunci , silahkan klik tulisan “Download” yang ada diatas keyword utama anda, kemudian sobat bisa menyimpannya dalam bentuk file Excel CSV

KESIMPULAN 


Hasil yang ditampilkan oleh Google Keyword Planner adalah kata kunci yang persis diketikkan oleh pengguna Google. Tapi pada contoh kata kunci "belajar photoshop" diatas kita melihat bahwa kata kunci pilihan kita tidak begitu banyak dicari pengguna Google hanya berkisar 1k-10k perbulannya, Agar kata kunci yang target mengasilkan pencarian yang maksimal kita bisa memodifikasi kata kunci tersebut dengan menggunakan keyword dari daftar kata kunci  relevan yang  ada di Google Keyword Planner tersebut.


Sekian postingan saya tentang cara riset keywords dengan Google Keyword Planner yang sering dilakukan oleh banyak blogger termasuk saya  pada saat melakukan pencarian kata kunci yang terbaik untuk blog saya. Riset dengan menggunakan kata kunci yang anda target bukanlah jaminan bahwa blog anda akan mendapat posisi teratas, tetapi ini adalah langkah terbaik daripada anda memilih keywords sembarangan yang jarang atau bahkan tidak pernah dicari oleh orang di Google.

Saya adalah blogger desa,tujuan saya membuat blog ini untuk berbagi informasi,turorial,berbagi seputar dunia internet,komputer, dll.

Untuk Membenahi dan Meningkatkan Kualitas Blog Maupun Konten Dari Blog Ini, Komentar Dari Sobat Sangat Saya Butuhkan,Dengan Syarat :

* Berkomentarlah Sesuai Dengan Topik yang di Bahas.
* Berkomentarlah dengan Bahasa yang Sopan.
* Untuk Saat Ini Anda Tidak Boleh Menyisipkan Link diKomentar.
* Dan Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# TERIMA KASIH
EmoticonEmoticon