Cara riset kata kunci dengan menggunakan google trends 2017

Riset kata kunci dengan menggunakan google trends - Dalam dunia blogger riset kata kunci merupakan hal yang paling utama, karena sebelum menulis sebuah artikel seorang blogger tentunya membidik kata kunci tertentu untuk dijadikan sebuah judul artikel. Namun, untuk membuat judul dengan kata kunci yang bisa mendatangkan banyak pengunjung bukanlah hal yang mudah,butuh ketelitian,kerja keras dan kesabaran. Disamping itu semua sebenarnya ada cara dan trik khusus bagaimana agar judul artikel yang kita bidik memiliki kata kunci yang popoler, serta memiliki kualitas mumpuni dan paling banyak dicari di search engine terutama google, akan tetapi nilai pesaingnya rendah yaitu dengan menggunakan google trend.

Funsgi Google Trends itu sendiri adalah untuk melihat trending topik hari ini baik dilokal maupun seluruh dunia, anda tinggal setting negara target. Fungsi lainnya adalah untuk riset keyword ( Kata kunci ) untuk optimasi di search engine optimization (SEO).

karena salah satu kegunaan dari google trend adalah untuk melihat topik yang trending dan untuk meriset kata kunci, langsung saja kita bahas bagaimana cara riset kata kunci dengan menggunakan google trends.

Langkah Riset Kata Kunci dengan Google Trend

Untuk masuk kehalaman google trend silahkan buka halaman Google Trend Explorer,kemudian anda akan melihat tampilan dashboard google trend explorer seperti dibawah ini :


Riset kata kunci dengan google trend


1. Pengaturan Pencarian

Pada Tampilan awal google trend explorer ini kita melihat beberapa tool, untuk pengaturan kriteria pencariannya anda bisa melihat kotak berwarna merah yang sudah saya kasi nomor pada gambar dibawah ini :

Riset kata kunci dengan google trend langkah 1


  1. Search item, kotak ini berfungsi untuk memasukkan topik atau kata kunci yang ingin kita peroleh informasi popularitasnya, pada contoh kali ini saya memasukkan kata kunci "tutorial" seperti yang terlihat pada gambar diatas,kemudian tekan enter pada keyboard. Selanjutnya google trend akan menampilkan informasi pencarian terpopuler mengenai kata kunci "tutorial" yang kita masukkan tadi.
  2. Pilihan negara, Pada menu ini kita disuruh memilih negara mana yang akan kita cari topik populer mengenai "tutorial" tadi, kali ini saya mencontoh negara "indonesia"
  3. Fokus waktu, artinya disini kita disuruh untuk memilih fokus waktu berdasarkan kata kunci yang kita masukkan, apakah sejam terakhir (past hour), 4 jam terakhir (past 4 hours),sehari terakhir (past day), 7 hari terakhir (past 7 days), 30 hari terkahir (past 30 days), 90 hari terakhir ( past 90 days), atau 12 bulan terakhir (past 12 months). pada contoh diatas saya memasukkan pilihan past 12 months ( 12 bulan/setahun terakhir).
  4. Pilihan kategori pencarian, maksudnya disini kita disuruh  memilih kategori berdasarkan kata kunci "tutorial" yang kita masukkan tadi, pada contoh kali ini saya memasukkan kategori "Computers & Electronics".
  5. Pilihan Pencarian, artinya kita disuruh memilih pencarian yang akan kita gunakan untuk menampilkan informasi populer berdasarkan keyword ( kata kunci) yang kita masukkan tadi.
    ada tiga pilhan : web search, news search,google shopping. pada contoh di atas saya memilih kategori web search.
  6. Mengekspor, menyematkan, dan mengutip data Trends, untuk mengetahui fungsi ini anda bisa melihatnya disini.

Selanjutnya,untuk melihat hasilnya anda bisa melakukan scroll down.

2. Informasi Wilayah ( interest by region )

Menampilkan wilayah yang memiliki tingkat pencarian terbanyak berdasarkan kata kunci "tutorial" yang kita masukkan pada langkah 1 diatas, scroll ke bawah dan bisa kita lihat informasi mengenai informasi wilayah dari kata kunci "tutorial" yang kita masukan tadi.

Riset kata kunci dengan google trend langkah 2



Dari gambar diatas bisa kita lihat bahwa hasil pencarian dengan kata kunci " tutorial" yang paling banyak dicari adalah pada wilayah "Bangka Belitung Islands".

3. Related queries

Fungsi dari Related Search  adalah untuk menampilkan informasi kata kunci terpopuler yang paling banyak dicari orang yang berkaitan dengan kata kunci "Tutorial", 

Riset kata kunci dengan google trend langkah 3

Pada gambar diatas terlihat bahwa kata kunci yang berkaitan dengan kata "Tutorial" yang paling dicari adalah "tutorial photosop". untuk mengetahui lebih rinci tentang tutorial photoshop yang paling banyak dicari anda bisa mengklik tulisan "tutorial photosop".

Riset kata kunci dengan google trend langkah 4



Pada gambar diatas bisa dilihat, ternyata tutorial photosop yang paling dicari orang adalah tentang "tutorial wpap photosop cs6" dengan tingkat pencarian sebesar 80%.

Jika sudah sampai pada tahap ini anda sudah mendapatkan kata kunci "tutorial" yang paling banyak dicari orang selama 12 bulan terakhir, untuk tahap selanjutnya anda bisa menjadikan kata kunci tersebut sebagai judul artikel,Namun, untuk menjadikan kata kunci tersebut sebagai judul artikel, sebenarnya ada satu tahapan lagi yang harus kita pelajari, tahap tersebut adalah melakukan riset lanjutan dengan menggunakan google keyword pannel,


tujuannya adalah untuk mengetahui volume pencarian,tingkat pesaing dari kata kunci tersebut, jika kita temukan tingkat kompetitornya "Low", berarti kata kunci tersebut siap kita jadikan kata kunci untuk judul artikel,


Demikian Cara Riset Kata Kunci Dengan Menggunakan Google Trends 2017,semoga bermanfaat dan bisa anda terapkan. jika ada yang kurang paham anda bisa bertanya pada kolom komentar.
terimakasih.

Saya adalah blogger desa,tujuan saya membuat blog ini untuk berbagi informasi,turorial,berbagi seputar dunia internet,komputer, dll.

Untuk Membenahi dan Meningkatkan Kualitas Blog Maupun Konten Dari Blog Ini, Komentar Dari Sobat Sangat Saya Butuhkan,Dengan Syarat :

* Berkomentarlah Sesuai Dengan Topik yang di Bahas.
* Berkomentarlah dengan Bahasa yang Sopan.
* Untuk Saat Ini Anda Tidak Boleh Menyisipkan Link diKomentar.
* Dan Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# TERIMA KASIH
EmoticonEmoticon